/* slider snp1 */

Kamis, 27 Oktober 2016

Panglima TNI: Laporkan Anggota TNI yang Terlibat Pungli

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo
Jakarta - Presiden Joko Widodo telah membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dengan melibatkan seluruh instansi. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta agar masyarakat melaporkan jika ada prajurit yang terlibat pungli.

"Saya ingatkan bagi anggota TNI tidak ada satupun yang terlibat dengan Pungli, apabila ada anggota TNI yang terlibat agar masyarakat segera lapor kepada aparat satuan terdekat," ungkap Gatot seperti tertulis dalam keterangan tertulis Puspen TNI, Selasa (25/10/2016).

Gatot menyatakan hal tersebut saat memberikan pengarahan kepada 129 Pati TNI di Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, Senin (24/10) sesaat setelah mengikuti rapat koordinasi dengan Presiden Jokowi. Kepada para prajuritnya, Panglima TNI menjelaskan bahwa dalam Perpres No 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli, TNI diminta membantu.

"Prajurit TNI agar bantu pemberantasan Pungli, lakukan langkah-langkah konkrit, apa yang disampaikan Presiden sebagai Panglima Tertinggi tentang Pungli itu adalah perintah," tegas jenderal bintang empat tersebut.

Satgas Saber Pungli sendiri memiliki empat fungsi. Pertama untuk intelijen, pencegahan, penindakan, serta yustisi. Satgas pun berwenang untuk melakukan operasi tangkap tangan.

Seperti diketahui, pemerintah tengah gencar dalam menangani masalah pungli. Presiden Jokowi bahkan sampai turun langsung saat ada operasi tangkap tangan terkait pungli di lingkungan Kemenhub beberapa waktu lalu. (*)

0 komentar:

Posting Komentar